16 Juni 2009

alien?


San Francisco – Peneliti senior Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) Seth Shostak mengatakan manusia akan mampu mendeteksi adanya kehidupan alien pada 2025.

Perkiraan ini berdasarkan munculnya teknologi yang mampu menerawang 500 tahun cahaya ke dalam angkasa, dimana ribuan stasiun radio ET ditransmisikan satu dengan yang lain.

Prediksi ini berdasarkan beberapa persyaratan. “Bisa benar jika asumsi kekuatan komputasi dan kekuatan riset instrumen benar,” kata Shostak saat berbicara di sebuah event di San Francisco.

Ilmuwan Frank Drake memperkirakan ada 10.000 populasi yang hidup di galaksi bima sakti.

Shostak mengatakan perangkat untuk menangkap sinyal Radio ET adalah Allen Telescope Array. Sarana ini merupakan antene radio enam meter yang dibiayai oleh jaringan yayasan Paul Allen.

Perangkat ini dioperasikan oleh SETI dan laboratorium radio astronomi universitas California Berkeley yang pada 2025 akan cukup kuat untuk menangkap sinyal alien.

SETI sebelumnya didirikan oleh NASA namun ditinggalkan pada 1990 karena kurang sukses. Proyek ini juga pernah melakukan SETI@home dimana sukarelawan komputer menganalisa teleskop radio dengan harapan bisa menangkap salah satu sinyal alien. Namun usaha ini hingga kini tidak mendapatkan hasil


Tidak ada komentar:

Posting Komentar